Header1

Graphic1

Seminar Land Subsidence

6

Pada tanggal 3 Agustus 2018 telah diadakan Seminar Geoteknik dengan topik “Dampak dan Antisipasi: Land Subsidence dan Settlement Tanah di Semarang-Kendal dan Sekitarnya”. Seminar ini merupakan kerjasama antara Departemen Teknik Sipil Universitas Diponegoro dengan PT. Pelabuhan Indonesia III; China Communications Construction Engineering; dan Kawasan Industri Kendal.

1

Bertempat di Aula 101, Teknik Sipil, Universitas Diponegoro, seminar ini dihadiri oleh berbagai kalangan, baik dari akademik, Pemerintah, dan mahasiswa. Sebagai narasumber adalah Prof. Dr. Ir. Masyhur Irsham, MSE (ITB), Dr. Heri Andreas, ST, MT (ITB), Ir. Muhrozi, MS (UNDIP), dan Ir. Eko Soebowo, MT (LIPI). Sedangkan, sebagai moderator adalah Prof. Dr. Ir. Sri Prabandiyani, RW, MSc (UNDIP).

Seminar ini membahas mengenai dampak dan cara antisipasi land subsidence dan settlement tanah. Land subsidence dan settlement tanah merupakan permasalahan yang umum terjadi di kota - kota besar tak terkecuali di Kota Semarang dan Kendal. Penurunan tanah merupakan masalah yang serius terutama apabila terjadi di daerah pesisir pantai. Kondisi tersebut dikarenakan daerah pesisir sangat rentan terhadap tekanan lingkungan baik dari daratan maupun laut.

2

Kota Semarang dan Kendal, mengingat posisinya yang strategis dan memegang peran penting dalam lalu lintas perekonomian di Pulau Jawa, membutuhkan jalan keluar yang konkret untuk mengatasi permasalahan geoteknik tersebut. Penurunan salah satunya dapat diakibatkan oleh kondisi muka air tanah dan konsolidasi tanah di wilayah tersebut. Penurunan tanah di berbagai wilayah, apabila dibiarkan terus menerus akan berdampak pada munculnya kerugian tidak hanya material tetapi juga korban jiwa.

3

Selama pelaksanaan, seminar berjalan dengan sangat hidup. Berbagai pertanyaan dan tanggapan disampaikan oleh peserta seminar sehingga diskusi dua arah dengan narasumber pun dapat dilakukan dengan sangat efektif. Pada saat seminar, juga terdapat penyerahan buku oleh Ir. Eko Soebowo, MT kepada Prof. Dr. Ir. Masyhur Irsham, MSE dan Mohammad Iqbal, ST, MM (Direktur Operasional Pelindo III) berjudul “Strategi Pengurangan Risiko Bencana Amblesan Tanah di Kota Semarang”.

Penutupan diakhiri dengan sambutan, penyerahan sertifikat, dan sesi foto bersama dengan para narasumber dan moderator serta Dr. Dyah Ayu Wulandari, ST, MT (Sekretaris Departemen Teknik Sipil, Universitas Diponegoro); Mohammad Iqbal, ST, MM (PT Pelabuhan Indonesia III), Yifeng Fan (China Communications Construction Engineering), Stanley Ang (Kawasan Industri Kendal) dan Ir. Harun Al Rasyid, M.Sc, Ph.D (ITB).

4

5

kata kata romantis http://harkamnon.blogspot.com/2014/09/jenis-jenis-dan-harga-kamera-canon.html http://harhonbrio.blogspot.com/2014/08/harga-honda-brio-berbagai-jenis-tipe.html http://tabletadvanharga.blogspot.com/2014/08/harga-tablet-advan-update-bulan-ini.html http://hargasonyxperiaku.blogspot.com/2014/08/harga-sony-xperia-terbaru-paling-update.html http://harsamgal.blogspot.com/2014/08/harga-samsung-galaxy-selalu-update.html rumah minimalis