Sharing Knowledge & Ikateksi Award 2018

smnr

Departemen Teknik Sipil Undip akan mengadkan Seminar Sharing Knowledge & Ikateksi Award 2018 yang bertemakan " Enterpreneurship on Market ", " The Future of Concrete ", dan "Kontrak EPC " . Seminar tersebut akan diadakan di Kampus Teknik Sipil Tembalang pada tanggal 13 Oktober 2018 di mulai pukul 08.00 - 12.00 WIB

Untuk pengisi acara untuk acara seminar tersebut yaitu alumni teknik sipil angkatan 88 yaitu Agung Widi sebagai National Manager pada PT. Normet Indonesia, Adi Lumakso sebagai Kadiv Konstruksi Regional Sumatera di PT. PLN dan yang terakhir Alim Suciana menjadi General Direktur pada PT.  Prima Konstruksi Utama.

Mahasiswa Sipil Juara 1 Civex 2018

Tim Geoteknik CIRCLE GAMADHARTA UNDIP Juara I CIVIL EXPO ITS

 

1

Tim CIRCLE GAMADHARTA, Program Studi S1 Teknik Sipil, UNDIP berhasil meraih Juara I dalam kegiatan lomba geoteknik. Tim ini beranggotakan Ignatius Giovanni, Wahyudi Setiawan, dan Teresa Dian Agusti dengan pembimbing Kresno Wikan Sadono, ST, M.Eng. Lomba ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka Civil Expo (Civex) yang diadakan oleh LE-HMS FTSP ITS. Lomba ini memiliki tema “Creative Design of Soil Improvement With Less Cost and Easier Application”.

2

Selain menambah pengalaman dan wawasan, dalam kegiatan ini mahasiswa juga mendapatkan pengalaman langsung dalam perancangan dan menganalisis kasus geoteknik di lapangan. Lomba dibagi menjadi beberapa tahap. Tahap pertama adalah penyeleksian makalah ilmiah sesuai dengan soal yang telah diberikan. Kemudian tahap kedua merupakan kunjungan ke lokasi studi kasus hingga karantina peserta (Final). Pada babak final ini, tim CIRCLE GAMADHARTA UNDIP menyisihkan 8 tim lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Hingga akhirnya, tim UNDIP berhasil meraih Juara I.

Seminar Land Subsidence

6

Pada tanggal 3 Agustus 2018 telah diadakan Seminar Geoteknik dengan topik “Dampak dan Antisipasi: Land Subsidence dan Settlement Tanah di Semarang-Kendal dan Sekitarnya”. Seminar ini merupakan kerjasama antara Departemen Teknik Sipil Universitas Diponegoro dengan PT. Pelabuhan Indonesia III; China Communications Construction Engineering; dan Kawasan Industri Kendal.

1

Bertempat di Aula 101, Teknik Sipil, Universitas Diponegoro, seminar ini dihadiri oleh berbagai kalangan, baik dari akademik, Pemerintah, dan mahasiswa. Sebagai narasumber adalah Prof. Dr. Ir. Masyhur Irsham, MSE (ITB), Dr. Heri Andreas, ST, MT (ITB), Ir. Muhrozi, MS (UNDIP), dan Ir. Eko Soebowo, MT (LIPI). Sedangkan, sebagai moderator adalah Prof. Dr. Ir. Sri Prabandiyani, RW, MSc (UNDIP).

Seminar ini membahas mengenai dampak dan cara antisipasi land subsidence dan settlement tanah. Land subsidence dan settlement tanah merupakan permasalahan yang umum terjadi di kota - kota besar tak terkecuali di Kota Semarang dan Kendal. Penurunan tanah merupakan masalah yang serius terutama apabila terjadi di daerah pesisir pantai. Kondisi tersebut dikarenakan daerah pesisir sangat rentan terhadap tekanan lingkungan baik dari daratan maupun laut.

2

Kota Semarang dan Kendal, mengingat posisinya yang strategis dan memegang peran penting dalam lalu lintas perekonomian di Pulau Jawa, membutuhkan jalan keluar yang konkret untuk mengatasi permasalahan geoteknik tersebut. Penurunan salah satunya dapat diakibatkan oleh kondisi muka air tanah dan konsolidasi tanah di wilayah tersebut. Penurunan tanah di berbagai wilayah, apabila dibiarkan terus menerus akan berdampak pada munculnya kerugian tidak hanya material tetapi juga korban jiwa.

3

Selama pelaksanaan, seminar berjalan dengan sangat hidup. Berbagai pertanyaan dan tanggapan disampaikan oleh peserta seminar sehingga diskusi dua arah dengan narasumber pun dapat dilakukan dengan sangat efektif. Pada saat seminar, juga terdapat penyerahan buku oleh Ir. Eko Soebowo, MT kepada Prof. Dr. Ir. Masyhur Irsham, MSE dan Mohammad Iqbal, ST, MM (Direktur Operasional Pelindo III) berjudul “Strategi Pengurangan Risiko Bencana Amblesan Tanah di Kota Semarang”.

Penutupan diakhiri dengan sambutan, penyerahan sertifikat, dan sesi foto bersama dengan para narasumber dan moderator serta Dr. Dyah Ayu Wulandari, ST, MT (Sekretaris Departemen Teknik Sipil, Universitas Diponegoro); Mohammad Iqbal, ST, MM (PT Pelabuhan Indonesia III), Yifeng Fan (China Communications Construction Engineering), Stanley Ang (Kawasan Industri Kendal) dan Ir. Harun Al Rasyid, M.Sc, Ph.D (ITB).

4

5

Pembentukan BPPTS Undip

Pembentukan Badan Penasihat Pendidikan Teknik Sipil (BPPTS) UNDIP

4

Bertempat di Gedung E, Ruang Rapat E301, Teknik Sipil, Tembalang, telah diadakan rapat bersama alumni untuk menghimpun masukan dari alumni sekaligus untuk pembentukan Badan Penasihat Pendidikan Teknik Sipil (BPPTS) Universitas Diponegoro. Kegiatan ini diadakan pada hari Sabtu, tanggal 29 September 2018.

Dari pihak alumni, hadir Bapak Hadjar Seti Adji (PT. Waskita Karya); Bapak Biakto (PT. Modernland Realty); Bapak Adi Prasetyanto (PT. Jasa Marga); Bapak Sulistyana (Fly Slab); dan Bapak Edi Prayitno (PT. Sinergi Pandu Dinamika). Sedangkan dari Teknik Sipil UNDIP hadir Bapak Ilham Nurhuda (Ketua Departemen); Ibu Dyah Ari Wulandari (Sekretaris Departemen); Bapak Bagus Hario Setiadji (Ketua Program Studi S1); Bapak Rudi Yuniarto Adi (Sekretaris Program Studi S1); dan Ibu Amelia Kusuma Indriastuti (Gugus Penjaminan Mutu Departemen Teknik Sipil) serta seluruh Ketua Kelompok Keahlian.

2

Masukan dari alumni sangat bermanfaat agar lulusan-lulusan Program Studi S1 Teknik Sipil UNDIP memiliki kualitas yang sangat baik dan tidak kalah bersaing dengan lulusan dari Perguruan Tinggi lainnya, baik nasional maupun internasional. Di dunia kerja, hal ini diperlukan agar lulusan Program Studi S1 Teknik Sipil UNDIP memiliki kompetensi unggul yang dapat diterapkan langsung di dunia industri.

Pembentukan Badan Penasihat Pendidikan Teknik Sipil (BPPTS) Universitas Diponegoro Tahun 2018 bertujuan untuk memberikan masukan kepada pihak Program Studi S1 Teknik Sipil Universitas Diponegoro secara berkelanjutan untuk meningkatkan mutu dan kualitasnya. Sehingga, dapat dikatakan bahwa kegiatan ini juga sebagai penerapan proses manajement Plan-Do-Check-Action (PDCA).

1

Hasil rapat diputuskan bahwa pengurus BPPTS UNDIP adalah:

  • Ketua : Bapak Adi Prasetyanto (PT. Jasa Marga)
  • Wakil Ketua : Edi Prayitno (PT. Sinergi Pandu Dinamika).
  • Sekretaris : Ibu Amelia Kusuma Indriastuti (Teknik Sipil UNDIP).

3

 

Kuliah Umum Teknik Sipil 2018

2

Departemen Teknik Sipil, Universitas Diponegoro menyelenggarakan seminar dengan tema "Public Lectures on Advances in Civil Engineering, Design and Planning" pada Senin, 9 Juli 2018. Seminar dilaksanakan di Gedung A Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro yang diikuti 150 peserta. Seminar dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro yaitu Ir. M Agung Wibowo, MM, M.Sc., PhD dan diisi oleh tiga keynote speakers yaitu Petr Hajek BSc, MSc, PhD dari Czech Technical University, Prof. Hugo Corres, M.Eng, PhD dari University of Madrid, dan Dr. David Fernández-Ordóñez, M.Sc dari Ecole Polytechnique Federale De Lausanne yang juga merupakan Secretary General FIB dengan moderator Prof. Dr. Ir. Han Ay Lie, M.Eng dari Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro.

1

Dalam presentasinya, Dr. David menjelaskan mengenai perencanaan dan desain pracetak struktur bangunan beton. Pembicara kedua, Petr Hajek, menjelaskan mengenai Sustainable Concrete Structure. Sedangkan Prof Hugo, menjelaskan mengenai desain konseptual untuk struktur baru dan yang sudah ada. Acara kuliah umum ini diselenggarakan atas kerjasama Departemen Teknik Sipil UNDIP dan FIB Indonesia dalam rangka meningkatkan pengetahuan mahasiswa dan juga dosen mengenai bidang struktural beton dan inovasi konsep desain struktur.

Page 1 of 17